Friday, 3 May 2013

KASUS ZOPP



MALIOBORO CASE



A.    Sebuah Perusahaan Konsultan Public Relations mendapat job dari Pemerintah Daerah untuk memperbaiki citra Malioboro sebagai salah satu ikon pariwisata di Yogyakarta. Perlu diketahui bahwa dalam 5 tahun terakhir jumlah kunjungan wisatawan manca negara/nusantara ke Yogyakarta cenderung menurun.
B.     Perusahaan ditugaskan untuk membuat perencanaan kegiatan dalam rangka memperbaiki citra malioboro tersebut.
C.     Kondisi Malioboro sekarang ini antara lain adalah sebagai berikut:
1.      Lalu lintas tidak teratur dan cenderung semrawut
2.      Jumlah bis kota/taksi/becak/andong/sepeda motor/mobil yang melalui Malioboro cenderung berlebihan sehingga pada saat-saat tertentu sangat padat dan potensial ke macet.
3.      Perilaku penyeberang jalan yang melakukan penyeberangan di sembarang tempat
4.      Fasilitas parkir yang terbatas sehingga lahan untuk pejalan kaki digunakan untuk parkir kendaraan
5.      Tumpukan sampah, sudut-sudut jalan yang kotor dan bau, selokan-selokan yang digunakan untuk buang air para pejalan kaki/penghuni Malioboro
6.      Pedagang kaki lima yang menempati areal pejalan kaki menempati ruang yang disediakan sebagai jalur lambat kendaraan
7.      Keamanan pengunjung Malioboro yang sering rawan dari copet, jambret, pencuri sepeda motor/kendaraan lainnya
8.      Kondisi umum Malioboro yang jauh dari sebutan bersih dan nyaman
9.      Lain-lain
D.    Bagaimana menurut pendapat saudara:
1.      Permasalahan apa saja yang paling dominant di Malioboro
2.      Bagaimana caranya memperbaiki citra Malioboro
3.      Apa saja kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan
4.      Kegiatan-kegiatan apa saja yang harus mendapatkan prioritas yang paling tinggi
5.      Lain-lain

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More