Friday, 3 May 2013

BAHAN MATERI MARKETING PLAN

OUTLINE MARKETING PLAN


1.      Kelompok dibentuk berdasarkan kelompok perusahaan atau instansi yang sejenis. Apabila anggota kelompok dalam suatu kelompok berasal dari berbagai perusahaan/instansi, maka dibuat kesepakatan perusahaan/instansi mana yang akan dipilih sebagai obyek observasi
2.      Kelompok beranggotakan 3 – 5 orang peserta, tergantung total jumlah peserta.
3.      Tugas kelompok adalah membuat marketing plan (perencanaan pemasaran). Panduan atau outline untuk Marketing Plan (Peter Doyle, 2002) adalah sebagai berikut:
  1. Business Mission
Business Mission atau Misi Bisnis menggambarkan secara khusus jangkauan keunikan bisnis, visi perusahaan, kompetensi khusus perusahaan dan keunggulan kompetitif perusahaan. Komponen pernyataan misi terdiri dari:
1.      Definisi jangkauan keunggulan bisnis
2.      Visi bisnis yang ingin dicapai
3.      Keunggulan kompetensi dan keunggulan bersaing
4.      Stakeholder kunci
  1. Strategic Objectives
Strategic Objectives atau Tujuan Bisnis menggambarkan pilihan-pilihan strategis  perusahaan berupa pertumbuhan, pengelolaan, produksi, pengurangan produksi dan pembentukan bisnis baru dan sebagainya yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu. Ada 6 tipe objektif/tujuan:
1.      Tujuan pangsa pasar
2.      Tujuan inovasi
3.      Tujuan sumber daya
4.      Tujuan produktivitas
5.      Tujuan sosial
6.      Tujuan profit
  1. Resource Allocation
Perusahaan menetapkan Resource Allocation atau Alokasi Sumber Daya pemasaran. Pilihan terhadap keputusan tentang alokasi sumber daya tergantung banyak faktor, seperti: produk dan pasar  
  1. Strategic Focus
Strategic Focus atau fokus strategi  dalam memperbaiki profit produk memiliki 2 alternatif cara, yaitu:
1.      Fokus terhadap peningkatan volume produk (ekspansi pasar atau penetrasi ke pasar yang lebih besar)
2.      Fokus dalam produktivitas (profit/keuntungan lebih banyak dari volume yang sama) dengan cara pemangkasan biaya, menaikkan harga atau memperbaiki sales mix (contoh: mengeliminasi  aktivitas yang rendah dalam menghasilkan profit/keuntungan)
  1. Customer Targets
Customer Targets atau Target Customer memilih customer yang tepat. Dalam menetapkan target customer, manajemen membutuhkan informasi untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut:
1.      Siapa customer dan siapa saja sebaiknya yang dipilih?
2.      Segmen-segmen customer apa yang sebaiknya ditargetkan?
3.      Siapa yang membuat keputusan membeli?
4.      Apa yang mereka beli?
5.      Dimana mereka membeli?
6.      Kapan mereka membeli?
  1. Competitor Targets
Competitor Targets atau target pesaing dibuat dengan menganalisa pesaing dengan 5 panduan pertanyaan, yaitu:
1.      Siapa saja pesaing?
2.      Apa saja objective mereka?
3.      Apa saja kekuatan dan kelemahan mereka?
4.      Apa saja strategi yang digunakan untuk menghadapi mereka?
5.      Apa saja sebaiknya strategi yang dilakukan untuk merespon strategi pesaing?
  1. Competitive Advantage
Competitive Advantage atau Keunggulan Kompetitif merupakan aspek marketing yang penting. Keunggulan benchmarking membandingkan kepuasan customer dengan produk, pelayanan dan relasi perusahaan dengan para pesaing kunci. Keunggulan benchmarkingmelibatkan 5 tahap, yaitu:
1.      Menentukan faktor-faktor untuk mencapai sukses yang penting
2.      Mengukur bagaimana customer mengenal bisnis selama faktor-faktor sukses penting berlangsung
3.      Mengukur bagaimana customer mengenal pesaing-pesaing kunci selama faktor-faktor sukses penting berlangsung
4.      Mengukur gap performa
5.      Menghasilkan rencana aksi
  1. Marketing Mix
Marketing Mix dwfe
  1. Implementation and Control

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More