Sunday 14 April 2013

ISTILAH PADA SISTEM OPERASI

ISTILAH PADA SISTEM OPERASI DAN PENGERTIANNYA

  1. Accounting adalah merekam kegiatan pengguna, jatah pemakaian sumber daya (keadilan atau kebijaksanaan).
  2. Address adalah alamat (istilah komputer dalam penunjukkan lokasi)
  3. Address space merupakan rentang alamat diskrit, masing-masing yang mungkin sesuai untuk suatu host jaringan, perangkat periferal, sektor disk, sebuah sel memori atau entitas logis atau fisik lainnya.
  4. Administrator adalah seorang administrator bertugas untuk mengelola hal-hal yang berhubungan dengan komputer.
  5. Algoritma FCFS.  algoritma sederhana dimana proses yang datang duluan maka dia yang dieksekusi pertama kalinya.
  6. Algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir.
  7. Algoritma Round Robin (RR) dirancang untuk sistem time sharing. Algoritma ini mirip dengan penjadual FCFS, namun preemption ditambahkan untuk switch antara proses. Antrian ready diperlakukan atau dianggap sebagai antrian sirkular. CPU menglilingi antrian ready dan mengalokasikan masing-masing proses untuk interval waktu tertentu sampai satu time slice/ quantum.
  8. Algoritma SJF yaitu algoritma penjadualan CPU dimana proses yang paling pendek dieksekusi terlebih dahulu.
  9. Algortima penjadualan adalah pemilihan proses dari antrian ready untuk dapat dieksekusi
  10. Antrian : alah satu produk software Indokreasi, software atau perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan management antrian, seperti layaknya pemanggil antrian yang ada di bank, rumah sakit, laboratorium, loket pembayaran listrik, atau instansi pembiayaan kredit, pegadaian, dan masih banyak lagi.
  11. Application code merupakan kode ditulis secara khusus untuk sebuah aplikasi yang dibuat dalam bahasa seperti Java
  12. Asynchronous adalah Proses komunikasi data yang tidak terikat dengan waktu tetap, proses transformasi data kecepatannya cukup relatif dan tidak tetap.
  13. Attachment : Alat pelengkap, penempelan, adhesi. Istilah ini banyak digunakan dalam penggunaan email. Jika anda mengirim sebuah file melalui email, maka file tersebut disebut attachment. Attachment email dapat berupa jenis file apa saja.
  14. Backup : Menyalin beberapa file ke dalam medium kedua yang berbentuk disk atau kaset untuk pengamanan jika terjadi kegagalan pada medium pertama, atau bisa dikatakan sebuah pengganti atau alteratif.
  15. Bad blocks adalah satu/lebih sektor yang rusak pada suatu disk. Pada disk sederhana, bad blocks diatasi secara manual.
  16. Bandwith : Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda.
  17. Bandwith adalah kuran yang diberikan ISP ( Internet Service Provider), seberapa lebar spectrum yang dihantarkan sesuai lebarnya jalur komunikasi untuk menampung kapasitas data.
  18. Bandwith disk : Secara mudah pengertian Disk Space pada hosting adalah daya tampung atau kapasitas secara keseluruhan file-file yang akan di upload pada sebuah website.
  19. Binary : Dalam matematika berarti penomoran yang berbasis dua misalnya menggunakan angka nol dan satu, atau on dan off. Data ini merupakan inti dari instruksi-instruksi mesin komputer dan perangkat berbasis digital lainnya.Data ini dibuat sedemikian rupa melalui boolean algebra atau aljabar boolean, sebagai dasar instruksi yang dimengerti oleh mesin.
  20. Block : Data fisik yang berisikan bit atau byte secara kontinyu, dan berjumlah tetap dalam sejumlah karakter atau record, dan dikirimkan dalam suatu kesatuan unit di dalam transmisi.  Pengertian block dalam lembar kerja pengolah kata merupakan kumpulan teks yang kita tandai untuk kita proses (edit) pada perintah berikutnya.
  21. Block device : Suatu perangkat, yang memindahkan informasi dalam bentuk blok.
  22. Blocking (application) : proses pemecahan file menjadi blok yang besarnya tetap pada penyimpanan data.
  23. Boot : Dalam perangkat keras berarti proses mengaktifkan komputer sampai diambil alih oleh sistem operasi, yang disebut juga dengan istilah bootstrap.
  24. Bootstrap : Boot atau booting. Dalam perangkat keras berarti proses mengaktifkan komputer sampai diambil alih ...
  25. Broadcast : Proses pengiriman data satu arah. Pengiriman data satu arah ini tidak memerlukan repon balik dari penerimanya. Biasanya dipakai pada penyiaran gelombang radio, televisi, serta penyebaran lainnya.
  26. Busy : jaringan sibuk atau pada suatu aplikasi terjadi penghambatan proses berpikir dikarenakan banyaknya memori yang dibutuhkan untuk mengeksekusi ataupun menjalankan program tersebut sehingga menimbulkan lamanya respon dari aplikasi tersebut (aplication is busy)
  27. Byte : Satu byte adalah merupakan sebuah karakter yang dibangun dari tujuh atau delapan bit. Satuan yang digunakan untuk menunjukkan kapasitas dalam dunia digital, termasuk komputer, besar file, serta ukuran lain, digunakan dalam satuan byte ini. Informasi yang akan dan yang diolah disimpan di dalam suatu memori.
  28. Channel: Kanal, mengalirkan, alur, saluran, galur, bandaran.Suatu jalur komunikasi sinyal atau secara elektronik untuk pengiriman informasinya.
  29. Child: Sebuah proses yang awalnya oleh proses induk. Tindakan pengawalan ini disebut fork. Proses induk sering dihentikan sampai proses child dilaksanakan.    Dalam struktur pohon, child menunjukan hubungan sebuah anode ke sebuah pendahulu didepannya.
  30. Client :adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.
  31. Clock:  Adalah suatu denyutan atau ritme yang berfungsi agar proses singkron antara satu dengan lainnya.
  32. Compatible: Sesuai, sejenis, cocok. Biasanya digunakan bahwa suatu perangkat (hardware maupun software) dapat dipakai pada suatu lingkungan tertentu.
  33. Compile: Istilah ini biasanya digunakan pada tahapan ketika program telah selesai dikerjakan dan kemudian diproses sehingga menghasilkan suatu program yang dapat dieksekusi.
  34. Connection: Koneksi. Link antara dua entiti. Koneksi dapat terjadi antara host, antara program-program yang berjalan atas host, serta antara program yang berjalan atas host yang sama (di antara entiti-entiti pada lapisan jaringan berbeda).
  35. Controller: Pengontrol, pengawas, pengecek.
  36. Crash : Kegagalan secara tiba-tiba, biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program atau peripheral seperti penggerak disk, harddisk, dan sebagainya.
  37. Daisy chain: Teknik menghubungkan peralatan tambahan secara seri ke sebuah computer.
  38. Datagram: Suatu transmisi jaringan yang mengatur komunikasi di antara host secara spesifik.
  39. Debug: Melacak, merunut program. Tujuannya adalah untuk mencari kesalahan dari suatu program.
  40. Default: Kegagalan, kelalaian. Default ini sering dipersiapkan terhadap suatu nilai atau variabel, misalnya jika tidak disebutkan dimana lokasi suatu file, maka pencarian dilakukan pada direktori kerja. Pencarian pada direktori kerja ini dianggap sebagai suatu nilai default.
  41. Desainer: Grafphic design, desain grafis, Adalah sebuah proses kreatif yang paling sering melibatkan para desainer dan berhubungan dengan bentuk-bentuk hasil seni, seperti hasil percetakan, programmer, signmakers, dll.
  42. Device driver: Merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai penterjemah atau penengah dari sebuah program terhadap perintah yang dipahami oleh alat. Contohnya driver untuk alat printer, mouse,dsb.
  43. Device: Device, ware, Perangkat, peripheral. Perangkat nyata yang dikendalikan oleh chip controller di board sistem atau card. Perangkat ini terdiri dari perangkat masukan atau keluaran,
  44. Directory: Attribut dari file yang berupa directory.
  45. Disk drive: Alat tambahan yang digunakan untuk meletakkan piringan magnetik, memutar piringan dan menggerakkan head baca/tulis pada posisi yang diinginkan ketika mengakses informasi dari dalam disk.
  46. Disk: Piringan, media yang berbentuk piringan. Umumnya istilah ini digunakan untuk media penyimpan data yang berbentuk piringan (Disk Storage).
  47. Download :adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user.
  48. Download adalah transfer data melalui jalur komunikasi digital dari sistem yang lebih besar atau pu sat (host atau server) ke sistem yang lebih kecil (client).
  49. Driver: Perangkat lunak pengendali perangkat. Driver mengeksekusi perintah yang berkomunikasi dengan pengendali (adapter) diperangkat dan menunggu sampai operasi yang dilakukan perangkat selesai.
  50. Feature: Kemampuan, atau sifat yang unik, menarik, atau yang diinginkan atau diberikan dari sebuah program atau komputer atau hardware lainnya.
  51. Firewall : Software yang dikombinasikan dengan hardware khusus yang menciptakan 'dinding pembatas' agar orang luar yang tidak berhak boleh mengakses suatu laman.
  52. hardware -> perangkat keras
  53. Host : Sebuah komputer yang terhubung ke jaringan, yang menyediakan layanan-layanan ke komputer lain lebih dari sekedar untuk menyimpan dan mengirim informasi.
  54. I/O = I/O (Input/Output)
  55. Interface: fungsi dan atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi, perangkat lunak, kendaraan, dll) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh pengguna. 
  56. Kernel:  merupakan program yang dimuat ke dalam memori ketika computer dinyalakan. Kernel   bertanggung jawab untuk mengendalikan hardware, menyediakan lingkungan agar program lainnya dapat berjalan serta mengatur alokasi waktu dan memori untuk program-program yang sedang dijalankan oleh computer. Selain itu kernel juga bertugas untuk mengendalikan bagaimana file dan direktori disimpan dalam hardisk.
  57. Layer:lapisan (konsep) dalam networking.
  58. Library:  merupakan kumpulan dari subrutin, fungsi, prosedur, atau modul yang disimpan pada satu atau beberapa file. Biasanya digunakan untuk proses kompilasi pada pemograman.
  59. Lightweight: protocol yang “ringan”.
  60. List: daftar. Dalam ilmu computer, daftar atau urutan adalah sebuah struktur data abstrak yang mengimplementasikan koleksi memerintahkan nilai, dimana nilai yang sama dapat terjadi lebih dari sekali.
  61. Load:  memuat, mengisi, proses pemuatan data ke dalam media storage.
  62. Loading: proses pemuatan data.
  63. Local socket: socket yang melakukan komunikasi dengan perantaraan sebuah file yang biasanya diletakkan pada direktori /tmp atau /usr/tmp ataupun /var/tmp. Socket semacam ini digunakan umumnya terbatas untuk komunikasi antar aplikasi dalam satu mesin.
  64. Locking: proses mencegah pemakaian data ke dalam storage.
  65. Logic block: satuan unit terkecil dari transfer.
  66. Logical block number: alamat logic block pada disk.
  67. Login: proses memasuki system, proses ini disebut juga dengan otentifikasi pemakai (user authentication).
  68. Loopback: Pengujian diagnostik yang mengembalikan sinyal yang ditransmisikan ke perangkat pengirim setelah melewati sambungan tertentu. Sinyal yang kembali tersebut selanjutnya bisa dibandingkan dengan sinyal yang ditransmisikan. Ketidak sesuaian diantara keduanyabisa digunakan untuk menelusuri adanya kesalahan. saat berusaha menempatkan potongan alat yang salah tersebut, akan terulang kembali terjadinya loopback, menghapuskan organisasi sistem yang memuaskan sampai masalahnya ditemukan.
  69. Looping: perulangan.
  70. Low level formatted: memformat pada level rendah.
  71. Low level formatting: format level rendah.
  72. Magnetic disk : Media penyimpanan data yang bentuknya merupai piringan dan pada permukaannya dilapisi dengan bahan kimia yang disebut dengan ironoxide. Perekaman datanya disimpan pada permukaan tersebut dalam bentuk kode binary. Misalnya Disket, Harddisk, dll.
  73. Magnetic tape : Perangkat yang terdiri dari satu strip plastik panjang tipis dilapisi dengan oksida besi, digunakan untuk merekam sinyal audio atau video atau untuk menyimpan informasi komputer.
  74. Main memory : Memori utama, bersifat volatile, tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan bila sumber daya energi (listrik) dihentikan.
  75. Mask : Suatu daerah yang ditentukan sebagai limit operasi pengeditan bagian dari citra. Pada sistem pencitraan elektrionik, mask dibuat secara manual (dengan stylus atau mouse) atau dibuat secara otomatis dengan mengatur hue atau tingkat density warna, saturasi atau ukuran luminasi dalam citra.
  76. Maskable interrupt : interupt yang bisa ditandai sehingga interupsi tidak bisa muncul apabila sedang ditandai.
  77. Microprocessor : Mesin kecil sebagai pemroses dan pengendali utama proses yang terjadi pada komputer, yang dibuat dalam bentuk chip
  78. Multiprocessor : Satu komputer mempunyai dua atau lebih CPU, kedua processor tersebut akan mengendalikan sebuah memori yang sama, metoda ini ditujukan untuk mempertinggi kemampuan komputer dalam mengolah data.
  79. Multiprogramming adalah bentuk dasar dari pengolahan paralel yang memungkinkan untuk menajalankan beberapa program pada waktu yang bersamaan.
  80. Multitasking adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama. 
  81. Network : Merupakan jaringan antar komputer yang menghubungkan satu komputer dengan jaringan lainnya. untuk menyusun jaringan ini, diperlukan perencanaan dari jaringan yang dibangun yang disebut dengan topology. scope jaringan itu sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu LAN, WAN, dan MAN. Perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung jaringan diantaranya card jaringan.
  82. Offset : Posisi. Alamat pada segmen.
  83. Overhead : Biaya yang dikeluarkan, ongkos eksploitasi, pengeluaran tambahan.
  84. Port : Soket, sejenis stopkontak pada hardware komputer, disebut juga konektor input/ output; yaitu tempat untuk meneruskan data masuk dan keluar dari alat komputasi melalui kabel.
  85. Prosesor : Disebut juga unit pemrosesan pusat chip tunggal, yaitu alat yang menterjemahkan dan melaksanakan instruksi-instruki yang melaluinya, atau alat yang berfungsi sebagai otak komputer.
  86. Real time : Operasi real time adalah lingkungan di mana aktiviti mesin sesuai dengan persepsi manusia mengenai waktu atau di mana operasi komputer berjalan dengan kecepatan dengan proses fizikal atau eksternal.
  87. Schedulling adalah konsep kunci dalam komputer multitasking , multiprocessing sistem operasi dan operasi real-time sistem desain mengacu
  88. Server : adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.
  89. Shell, dalam komputer adalah salah satu jenis program bawaan sistem operasi (seringnya merupakan program yang terpisah dari inti sistem operasi) yang menyediakan komunikasi langsung antara pengguna dan sistem operasi.
  90. Signal : Proses membangunkan partner-nya yang sedang diblocked dengan signal pada variabel kondisi yang sedang ditunggu partnernya.
  91. Sinkronisasi : Komunikasi antara proses membutuhkan place by calls untuk mengirim dan menerima data primitive.
  92. Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
  93. Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk memberikan abstraksi terhadap kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, yang digunakan oleh software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
  94. Software adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer
  95. Source code atau kode program adalah suatu rangkaian pernyataan atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer yang terbaca manusia. Kode sumber yang menyusun suatu program biasanya disimpan dalam satu atau lebih berkas teks, dan dapat pula ditampilkan dalam bentuk cuplikan kode (code snippet) yang dicetak pada buku atau media lainnya.
  96. Terminate : Proses telah selsesai melaksanakan tugasnya/ mengeksekusi.
  97. Thread diartikan sebagai sekumpulan perintah (instruksi) yang dapat dilaksanakan (dieksekusi) secara sejajar dengan ulir lainnya, dengan menggunakan cara time slice (ketika satu CPU melakukan perpindahan antara satu ulir ke ulir lainnya) atau multiprocess (ketika ulir-ulir tersebut dilaksanakan oleh CPU yang berbeda dalam satu sistem).
  98. User merupakan pengguna sebuah komputer yang pada sistem operasi dia jalankan
  99. Virtual address merupakan alamat virtual
  100. Virtual memori merpakan suatu teknik yang memisahkan antara memori logis dan memori fisiknya dengan mengizinkan program untuk dieksekusi tanpa seluruh bagian program perlu ikut masuk ke dalam memori.
  101. Wait : Proses sedang menunggu sejumlah kejadian untuk terjadi (seperti sebuah penyelesaian I/O atau penerimaan sebuah tanda/ signal).
  102. Workload adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More