Album Photo Ke-1

Contoh Portofolio kami,, persiapan shooting film FTV.

Album Photo Ke-2

Shooting acara pelatihan di Abhiseka,,Pelatihan Public Speaking Angkatan Ke-49.

Album Photo Ke-3

Penutupan Pelatihan Public Speaking Angkatan Ke-51,,Pelatihan di Abhiseka Training Center,,Jalan Ipda Tut Harsono No. 26 Yogyakarta.

Album Photo Ke-4

Menerima Copy CD/DVD dan Video Shooting, Service Komputer PC maupun Notebook dengan Harga Murah Meriah, untuk Wilayah Jogjakarta Hubungi 081 8080 11944.

Ini Album Photo Ke-5

Kami juga melayani pembuatan Video Company Profile, film Dokumenter, Video Klip, Jasa pembuatan Iklan, dll

Friday, 3 May 2013

KOMUNIKASI EFEKTIF

KOMUNIKASI EFEKTIF



Apa yang dimaksud dengan Public Relations?
1.    Merupakan fungsi manajemen
2.    Komunikasi terencana dan berkesinambungan
3.    Berupaya membina pengertian, simpati dan dukungan
4.    Cara menilai pendapat umum dengan penguasaan informal yang baik
5.    Melalui kerjasama yang baik untuk pemenuhan kebutuhan bersama secara efisien.

Ciri-ciri kegiatan public relations adalah  ditekankan pada :
1.    Kegiatan komunikasi dua arah secara timbal balik
2.    Sasaran komunikasi Public Relations adalah :
·         Publik Intern
·         Publik Extern

Tujuan aktivitas seorang “public relations  officer”
Membangun citra lembaga terbaik
dengan cara :
1.    Dibangun dengan itikad baik
2.    Munculnya saling pengertian yang baik
3.    Harus didasari sikap saling mempercayai
4.    Dapat dimulai dengan sikap saling menghargai

Komunikasi efektif dalam public relations apa itu ?
1.   Ciri-cirinya apa ?
·         Keakraban (intimacy)
·         Keterlibatan  (involvement)
·         Meyakinkan (intimidation)
2.   Tujuan apa ?
·         Saling memahami (AIDDA)
·         Melaksanakan apa yang kita sarankan dengan senang hati
·         Hubungan yang harmonis antara pro- public (intern + extern)
3.   Didukung oleh situasi Kesamaan kepentingan ; sikap positif, sikap keterbukaan, emphati.

Komponen apa yang terlibat dalam komunikasi ?
1.    Komunikasi - siapa
2.    Pesan - mengatakan apa
3.    Saluran - melalui media apa
4.    Kepada siapa - sasaran kominikasi
5.    Akibatnya apa - melalui umpan balik (tanggapan) - Harold  D  Laswell

Komunikasi apa saja yang ada dalam kehidupan kita ini ? Public Relations masuk yang mana ?
1.    Komunikasi intra personal- evaluasi diri dan dampak pribadi
2.    Komunikasi inter personal - dampak pihak yang terlibat langsung
·         Komunikasi Internal
Komunikasi personal - tatap muka dan komunikasi media komunikasi kelompok - kecil dan besar
·         Komunikasi Eksternal - lingkungan, instansi pemerintah, pers
3.    Komunikasi massa

Apa tujuan kita berkomunikasi ?
1.    Pemberian informasi - penyaringan informasi
2.    Mendidik (diri sendiri - pribadi lain - kelompok - masyarakat)
3.    Membujuk seseorang
4.    Hiburan

Apa yang perlu dimiliki komponen komunikasi ?  Agar komunikasi kita berhasil
1.   Komunikator
a.  Kemampuan dasar - yang bisa dikembangkan - kepribadian
·         emphati - kemauan untuk mau mengerti orang lain
·         kepercayaan diri - mengatasi rasa takut
·         ketulusan untuk berhubungan dengan orang lain
·         keramahan - rasa simpati - sikap hormat
·         kesederhanaan - keaslian dan kemurnian sikap
b.  Kemampuan ajar - yang harus dikembangkan - pengajaran
·         penguasaan tehnik penulisan dan penguasaan media komunikasi
·         penguasaan infornasi organisasi secara baik

Gabungannya - KREDIBILITAS - MENENTUKAN EFEKTIFNYA

2.  Pesan - informasi - tergantung tujuan apa yang hendak kita sajikan
·         Tingkat kepentingannya
·         Tingkat kemudahannya
·         Tingkat kemudahannya
·         Tingkat kedekatannya (dengan kehidupan)
3.  Sasaran tergantung pada
·         Public Internal atau Eksternal
·         Downwards - Upwards - Horisontal, dan diagonal yang berisi
a. Demografi faktor
b. Kemampuan mendengar
c. Lingkungan sosial budaya

Perhatikanlah hambatan komunikasi apa yang bakal muncul ? Kajilah suasana yang ada !
a.  Komunikator
·         Situasi media komunikasi - bagaimana bahasaku
·         Situasi alat bantuku
b. Komunikan
·         Situasi sosial - status sosialnya (pendidikan, ideologi dsb)
·         Situasi psikologis - suasana hatinya dan prasangka dirinya
·         Situasi kebiasaan-gaya hidupnya. Budayanya, bahasanya

Bagaimana saya harus menyiapkan komunikasi yang efektif jika harus berbicara sebagai ‘PRO’
1.  Kajilah pertanyaan-pertanyaan ini
·         Apakah saya sudah mempunyai rasa percaya diri?
·         Apakah saya merasa grogi? Mengapa saya merasa grogi?
·         Bagaimana kemampuan saya-sudahkah saya menguasai informasi?
·         Bagaimana perilaku saya?
2.  Persiapkan dengan baik semuanya? Apa saja?
·         Persiapan menentukan segalanya
Lakukan ini dengan baik
·         Analisis khalayak dangan baik
·         Siapkan materi, seleksi yang perlu dan susunlah dengan baik
·         Siapkan alat bantu-nya
·         Latihan presentasi sebelum hari -  H
·         Siapkan rencana cadangan dalam keadaan darurat
Persiapan ini akan meningkatkan kepercayaan diri
3.  Kembangkan perilaku yang positif ? Apa saja ?
Berilah kesan pertama tidak terlupakan
 a. Kemampuan Komunikasi Non-verbal (body language)
·         Kebiasaan mata- mencerminkan- keterbukaan-kesungguhan
·         Kebiasaan mata-negatif: - Meloncat-loncat
·         Memejamkan mata lebih 3 detik
·         Cara berdiri yang menunjukkan sikap terbuka
·         Ekspresi wajah-tersenyumlah untuk menunjukan keramahan
·         Gerakan tangan-bergerak alamiah asal tidak mengganggu
·         Kedekatan hati-bergerak mendekati sasaran

b. Kemampuan verbal-bahasa
·         Suara yang mengandung energi magnet-warna-artikulasi
·         Nada bicara harus menunjukan tekanan-tekanan yang tepat
·         Kemampuan memilih kata yang baik-pengontrolan kalimat
·         Kebiasaan bicara yang baik-paralinguistik
·         Kebiasaan istirahat dalam kalimat
·         Keterlibatan aktif pendengar-kata dan humor-jangan bersikap super, jangan senang mengkritik, mengajak bukan menyuruh
·         Jangan mengemukakan hal yang menghawatirkan
·         Kemukakanlah fakta dan kebenaran.

c. Kemampuan Visual
§  Hargailah diri anda dengan penampilan fisik
§  Pantaskah-pakaian, kacamata, perhiasan, kuku anda dan seluruih yang melekat.

Seorang ‘PRO’ Perlu Mengetahui Cara Menggunakan dan Memanfaatkan  Media Komunikasi Massa.

Jenis- jenis media yang biasanya digunakan oleh seorang PRO
1.    Media Lini atas
·         Media Cetak
·         Media Elektronik (Broadcast)
2.    Media Lini Bawah
·         Presentasi/ Pengenalan
·         Community Relations (Peduli Masyarakat)
·         Exibition
·         Display (point of purchase)
·         Direct Mail
3.    Media Internal

Untuk itu seorang PRO harus menguasai teknik- teknik untuk:
·         Pers Release
·         Pameran
·         Ceramah
·         Cara Penulisan di Radio-Televisi
Kalau Begitu  Apa Yang Harus Saya Kembangkan Dalam Public Relations
1.   Emphati
2.   Kesan yang mengikat-pribadi terpercaya
3.   Kemampuan untuk mendengarkan dari publik
4.   Semangat untuk dekat dan menolong orang lain
5.   Pengembangan kemampuan verbal-nonverbal-vokal dan visual melalui persiapan terbaik.






Modul Program Pelatihan Pelayanan Prima Lembaga Pengembangan SDM Abhiseka Training Center
Jl. Ipda Tut Harsono No. 26 Yogyakarta, Telp. 0274 566777
1 Nopember 2013 Editor oleh Rubby


BAHAN MATERI MARKETING PLAN

OUTLINE MARKETING PLAN


1.      Kelompok dibentuk berdasarkan kelompok perusahaan atau instansi yang sejenis. Apabila anggota kelompok dalam suatu kelompok berasal dari berbagai perusahaan/instansi, maka dibuat kesepakatan perusahaan/instansi mana yang akan dipilih sebagai obyek observasi
2.      Kelompok beranggotakan 3 – 5 orang peserta, tergantung total jumlah peserta.
3.      Tugas kelompok adalah membuat marketing plan (perencanaan pemasaran). Panduan atau outline untuk Marketing Plan (Peter Doyle, 2002) adalah sebagai berikut:
  1. Business Mission
Business Mission atau Misi Bisnis menggambarkan secara khusus jangkauan keunikan bisnis, visi perusahaan, kompetensi khusus perusahaan dan keunggulan kompetitif perusahaan. Komponen pernyataan misi terdiri dari:
1.      Definisi jangkauan keunggulan bisnis
2.      Visi bisnis yang ingin dicapai
3.      Keunggulan kompetensi dan keunggulan bersaing
4.      Stakeholder kunci
  1. Strategic Objectives
Strategic Objectives atau Tujuan Bisnis menggambarkan pilihan-pilihan strategis  perusahaan berupa pertumbuhan, pengelolaan, produksi, pengurangan produksi dan pembentukan bisnis baru dan sebagainya yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu. Ada 6 tipe objektif/tujuan:
1.      Tujuan pangsa pasar
2.      Tujuan inovasi
3.      Tujuan sumber daya
4.      Tujuan produktivitas
5.      Tujuan sosial
6.      Tujuan profit
  1. Resource Allocation
Perusahaan menetapkan Resource Allocation atau Alokasi Sumber Daya pemasaran. Pilihan terhadap keputusan tentang alokasi sumber daya tergantung banyak faktor, seperti: produk dan pasar  
  1. Strategic Focus
Strategic Focus atau fokus strategi  dalam memperbaiki profit produk memiliki 2 alternatif cara, yaitu:
1.      Fokus terhadap peningkatan volume produk (ekspansi pasar atau penetrasi ke pasar yang lebih besar)
2.      Fokus dalam produktivitas (profit/keuntungan lebih banyak dari volume yang sama) dengan cara pemangkasan biaya, menaikkan harga atau memperbaiki sales mix (contoh: mengeliminasi  aktivitas yang rendah dalam menghasilkan profit/keuntungan)
  1. Customer Targets
Customer Targets atau Target Customer memilih customer yang tepat. Dalam menetapkan target customer, manajemen membutuhkan informasi untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut:
1.      Siapa customer dan siapa saja sebaiknya yang dipilih?
2.      Segmen-segmen customer apa yang sebaiknya ditargetkan?
3.      Siapa yang membuat keputusan membeli?
4.      Apa yang mereka beli?
5.      Dimana mereka membeli?
6.      Kapan mereka membeli?
  1. Competitor Targets
Competitor Targets atau target pesaing dibuat dengan menganalisa pesaing dengan 5 panduan pertanyaan, yaitu:
1.      Siapa saja pesaing?
2.      Apa saja objective mereka?
3.      Apa saja kekuatan dan kelemahan mereka?
4.      Apa saja strategi yang digunakan untuk menghadapi mereka?
5.      Apa saja sebaiknya strategi yang dilakukan untuk merespon strategi pesaing?
  1. Competitive Advantage
Competitive Advantage atau Keunggulan Kompetitif merupakan aspek marketing yang penting. Keunggulan benchmarking membandingkan kepuasan customer dengan produk, pelayanan dan relasi perusahaan dengan para pesaing kunci. Keunggulan benchmarkingmelibatkan 5 tahap, yaitu:
1.      Menentukan faktor-faktor untuk mencapai sukses yang penting
2.      Mengukur bagaimana customer mengenal bisnis selama faktor-faktor sukses penting berlangsung
3.      Mengukur bagaimana customer mengenal pesaing-pesaing kunci selama faktor-faktor sukses penting berlangsung
4.      Mengukur gap performa
5.      Menghasilkan rencana aksi
  1. Marketing Mix
Marketing Mix dwfe
  1. Implementation and Control

KASUS ZOPP



MALIOBORO CASE



A.    Sebuah Perusahaan Konsultan Public Relations mendapat job dari Pemerintah Daerah untuk memperbaiki citra Malioboro sebagai salah satu ikon pariwisata di Yogyakarta. Perlu diketahui bahwa dalam 5 tahun terakhir jumlah kunjungan wisatawan manca negara/nusantara ke Yogyakarta cenderung menurun.
B.     Perusahaan ditugaskan untuk membuat perencanaan kegiatan dalam rangka memperbaiki citra malioboro tersebut.
C.     Kondisi Malioboro sekarang ini antara lain adalah sebagai berikut:
1.      Lalu lintas tidak teratur dan cenderung semrawut
2.      Jumlah bis kota/taksi/becak/andong/sepeda motor/mobil yang melalui Malioboro cenderung berlebihan sehingga pada saat-saat tertentu sangat padat dan potensial ke macet.
3.      Perilaku penyeberang jalan yang melakukan penyeberangan di sembarang tempat
4.      Fasilitas parkir yang terbatas sehingga lahan untuk pejalan kaki digunakan untuk parkir kendaraan
5.      Tumpukan sampah, sudut-sudut jalan yang kotor dan bau, selokan-selokan yang digunakan untuk buang air para pejalan kaki/penghuni Malioboro
6.      Pedagang kaki lima yang menempati areal pejalan kaki menempati ruang yang disediakan sebagai jalur lambat kendaraan
7.      Keamanan pengunjung Malioboro yang sering rawan dari copet, jambret, pencuri sepeda motor/kendaraan lainnya
8.      Kondisi umum Malioboro yang jauh dari sebutan bersih dan nyaman
9.      Lain-lain
D.    Bagaimana menurut pendapat saudara:
1.      Permasalahan apa saja yang paling dominant di Malioboro
2.      Bagaimana caranya memperbaiki citra Malioboro
3.      Apa saja kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan
4.      Kegiatan-kegiatan apa saja yang harus mendapatkan prioritas yang paling tinggi
5.      Lain-lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More