Friday 28 August 2015

TEAM BUILDING

TEAM BUILDING




Outbound Pegawai Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta

Outbound Staff Yayasan HRC

Outbound Staff Pertamina Semarang


Team Building adalah bentuk kerja sama dalam satu tim. Unsur dalam kerja sama adalah saling mendukung, bersatu, menghargai, sehati-sejiwa, saling mengisi dan menguatkan, serta kompak. Dengan demikian, suatu organisasi yang mempunyai jiwa team building akan mampu mencapai tujuan bersama. Meskipun rintangan yang dihadapi tidak ringan, tetapi tim yang kompak pasti dapat menanganinya dengan baik.

Para Ahli yang berpengalaman berpendapat bahwa satu tim yang mempunyai satu hati dan satu tekad akan bisa melakukan apapun. Team building bukan sekedar teamwork. Teamwork merupakan unsur aksi secara aktif dalam momen tertentu. Keduanya sama-sama mempunyai makna positif. Namun, team building jangka waktunya lebih abadi. Team building lebih luas daripada teamwork.

Pada Team Building, ada proses saling mengenal, proses belajar, trial and error, ada pengalaman kebersamaan yang saling dirasakan manfaatnya, serta saling mempunyai komitmen demi tim yang satu. Satu pada team building dengan satu pada teamwork agak sedikit berbeda. Selain jangka waktunya lebih lama, team building mencatat pula tahapan proses yang tidak dimiliki oleh teamwork.

pada suatu perusahaan, sebuah team building bisa dimulai ketika seseorang direkrut, menjalani seleksi, dan mendapatkan pengarahan ketika diterima. Pengarahan bisa mengacu pada pentingnya kerjasama tim. ada berbagai simulasi yang harus dilihat oleh orang baru di perusahaan. Ketika mulai bekerja dalam masa percobaan, dia melihat bagaimana seniornya begitu antusias membantu dirinya yang masih baru. Dalam pekerjaan sehari-hari, dia merasakan bagaimana bantuan tenaganya sangat berharga dan merasakan bimbingan orang lain. Tidak ada perbedaan yang berarti antara orang lama dengan orang baru. Mereka adalah satu.

Saat menuju pencapaian visi, pasti ada kendala yang dihadapi. Kendala bisa dari dalam dan luar. Kendala dari dalam berupa aksi individu yang ingin menonjolkan diri. Kendala dari luar terjadi karena persaingan dengan organisasi lain, kesulitan pasokan energi, dan hantaman secara langsung yang bisa mengoyakkan sendi-sendi perusahaan. Ketika mereka mendapatkan pengalaman gagal, pada kesempatan berikutnya mereka akan mendapatkan keberhasilannya yang gemilang. Mereka mulai merasakan adanya sesuatu yang ringan jika menangani pekerjaan bersama-sama. Walaupun jumlahnya banyak, mereka tetap satu. Mereka adalah satu. Inti team Building adalah satu.

Training Team Building atau Outbound Training bagi perusahaan bisa anda dapatkan di Abhiseka Training Center Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia yang beralamat di Jalan Ipda Tut Harsono (Timoho) No. 26 Yogyakarta 55165. Telp. (0274) 566777, Fax. (0274) 555185.
Biaya pelatihan tergantung Lokasi Outbound misalnya di Kalikuning Kaliurang, Desa Wisata kaliurang, di pantai, atau Arung jeram Magelang,dll. berapa lama, pakai menginap di Hotel atau hanya sehari dan biaya Transportasi, snack, makan bisa di negosiasikan tergantung kesepakatan.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More