SURAT LAMARAN KERJA
Surat lamaran kerja harus dibuat
sedemikian rupa, sehingga menarik bagi yang akan membacanya.
Pada bagian pembuka surat lamaran kerja
seharusnya berisi: rangkuman kualifikasi yang dimiliki yang relevan dengan
jabatan yang diinginkan, menyebut nama seseorang yang “familier” sebagai sumber
informasi atau sumber informasi lain tentang adanya lowongan kesempatan kerja
diperusahaan tersebut, berikan pertanyaan atau pernyataan keinginan untuk
bergabung dalam rangka memenuhi kebutuhan atau ikut memecahkan masalah yang ada
diperusahaan tersebut, atau juga dapat menyebutkan “cuplikan” berita, iklan
atau pengumuman lowongan kesempatan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan
tersebut.
Pada bagian pertengahan surat lamaran
kerja berisi uraian singkat kualifikasi yang dimiliki yang relevan dengan
jabatan yang diinginkan, yaitu pendidikan, pengalaman kerja, sikap, minat,
aktifitas dan kualitas pelamar.
Pada bagian penutup surat lamaran kerja
berisi harapan dan keinginan pelamar untuk mendapatkan pekerjaan yang
diinginkan tersebut, menuliskan alamat komunikasi, nomor telpon dan hal lain
yang akan memudahkan pelamar untuk dihubungi.
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
- Surat lamaran harus menampilkan kualifikasi atau pengalaman kerja yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang diinginkan.
- Surat lamaran harus mengungkapkan hal-hal yang positip tentang kualifikasi yang dimiliki sehingga membangkitkan minat bagi yang membacanya.
- Secara fisik surat lamaran harus rapi dan menarik.
- Ungkapkan hal-hal yang mengakibatkan pelamar berbeda dengan pelamar yang lain dan mengungkapkan segala sesuatunya berdasarkan kepentingan pembacanya.
- Surat lamaran yang dibuat asal-asalan dan tidak spesifik ditujukan pada perusahaan yang bersangkutan pun, bisa memberi kesan kemalasan si pengirim dan pribadi yang semaunya serta kurang kreatif.
- Padahal seharusnya surat lamaran, disusun dengan cermat, sehingga dapat meyakinkan pembacanya dan idealnya sebuah surat lamaran tidak menyisakan pertanyaan yang tidak perlu bagi pembacanya.
- Jangan ada salah ejaan atau kesalahan mengetik terutama untuk nama perusahaan, nama orang, gelar dan hal-hal yang bersifat sensitive lainnya.
- Alamatkan surat lamaran pada orang yang berwenang langsung dan konpeten, sehingga memberi kemungkinan yang lebih besar untuk lebih cepat sampai dan diproses.
- Gunakan tata bahasa dan kata-kata yang sesuai dengan pribadi pelamar sendiri, sehingga pembaca akan merasa seperti “berkomunikasi” dengan pelamar sendiri. Tidak dianjurkan untuk meniru dan mencontoh surat-surat orang lain ataupun buku “Contoh Menulis Surat Lamaran Kerja”. Pada dasarnya, perusahaan atau lembaga yang menerima lamaran kerja memerlukan kehadiran pelamar secara”orisinal”.
- Gunakan kata dan frase yang berarti untuk perusahaan. Bila melamar dari sebuah iklan lowongan kerja di surat kabar, pastikan saudara mencantumkan kualifikasi yang disyaratkan dalam iklan tersebut.
TIPS-TIPS
SELALU
° Ketiklah surat aplikasi dan CV Anda,
kecuali secara khusus Anda diminta untuk menggunakan tulisan tangan
° Gunakan kertas berwarna putih atau
warna yang bersih. Jangan menggunakan kertas bertekstur atau bercorak, karena
akan menyulitkan orang yang membacanya
° Kirimkanlah yang asli, jangan memfoto
kopi surat aplikasi dan CV Anda
° Cek ulang surat aplikasi dan CV Anda,
jangan sampai ada kesalahan di dalamnya, terutama jika Anda meng-copy lalu
mem-paste dari file lama Anda atau dari file orang lain.
° MENANDATANGANI surat aplikasi Anda (CV
tidak perlu ditandatangani)
° Untuk surat aplikasi dalam bahasa
inggris, jika tidak ada keterangan spesifik surat harus ditujukan kepada orang
atau departemen tertentu, Anda bisa menggunakan salam “to Whom It May Concern”.
JANGAN PERNAH
° Membuat surat aplikasi lebih dari SATU
HALAMAN
° Memasukkan hobi, olah raga dan kegiatan
sosial Anda di dalam surat aplikasi
° Memasukkan data pribadi yang tidak
relevan, seperti usia, status pernikahan, No. KTP dan hal-hal yang akan Anda sertakan
dalam berkas-berkas aplikasi.
°
BERBOHONG
Daftar Pustaka:
Bovee,
L. Courland dan John V. Thill, “Business Communication Today”, Fourth Edition,
New York: McGraw-Hill, Inc, 1995.
Djoko
Purwanto, “Komunikasi Bisnis”, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1999.
Muslich
Zainal Asikin, “Memahami Dunia Kerja”, Seminar Fakultas Psikologi Universitas
Maranata – IPBSD, Bandung, 2002.
Muslich
Zainal Asikin, “Job Interview for Engineer”, Seminar Teknik Geodesi Universitas
Gadjah Mada, Yogyakarta, 2002.
Muslich
Zainal Asikin, “Komunikasi Bisnis”, Bahan Serahan Kuliah D3 FE UII, Yogyakarta,
2001.
Muslich
Zainal Asikin, “Job Interview”, Seminar Mahasiswa Penerima Beasiswa PT DJARUM,
Yogyakarta, Purwokerto, Surabaya, 2000 – 2001.
Muslich Zainal Asikin, “Profesionalisme, Engineering
& Entrepreneurship”, Seminar Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada,
Yogyakarta, 2002.Modul Pelatihan Job Interview
Divisi Training Abhiseka
Abhiseka Training Center
Jl.Ipda Tut Harsono No. 26 Yogyakarta , Telp. 0274 566777 Fax. 0274 555185