Album Photo Ke-1

Contoh Portofolio kami,, persiapan shooting film FTV.

Album Photo Ke-2

Shooting acara pelatihan di Abhiseka,,Pelatihan Public Speaking Angkatan Ke-49.

Album Photo Ke-3

Penutupan Pelatihan Public Speaking Angkatan Ke-51,,Pelatihan di Abhiseka Training Center,,Jalan Ipda Tut Harsono No. 26 Yogyakarta.

Album Photo Ke-4

Menerima Copy CD/DVD dan Video Shooting, Service Komputer PC maupun Notebook dengan Harga Murah Meriah, untuk Wilayah Jogjakarta Hubungi 081 8080 11944.

Ini Album Photo Ke-5

Kami juga melayani pembuatan Video Company Profile, film Dokumenter, Video Klip, Jasa pembuatan Iklan, dll

Sunday, 14 April 2013

Materi Bahasa Inggris

Materi Bahasa Inggris


     Contoh  Explain Text & Writing Text

ow does Rain Happen?


ow does Rain Happen?

Rain is the primary source of fresh water for most areas of the world, providing suitable conditions for diverse ecosystems, as well as water for hydroelectric power plants and crop irrigation.

The phenomenon of rain is actually a water circle. The concept of the water cycle involves the sun heating the Earth's surface water and causing the surface water to evaporate. The water vapor rises into the Earth's atmosphere. The water in the atmosphere cools and condenses into liquid droplets. The droplets grow until they are heavy and fall to the earth as precipitation which can be in the form of rain or snow.

However, not all rain reaches the surface. Some evaporates while falling through dry air. This is called virga, a phenomenon which is often seen in hot, dry desert regions.

ow tidak Hujan Terjadi?

Hujan adalah sumber utama air bersih untuk sebagian besar wilayah dunia, menyediakan kondisi cocok untuk keragaman ekosistem, serta air untuk pembangkit listrik tenaga air dan irigasi tanaman.


Fenomena hujan sebenarnya lingkaran air. Konsep siklus air melibatkan matahari memanaskan air permukaan bumi dan menyebabkan permukaan air menguap. Uap air naik ke atmosfer bumi. Air di atmosfer mendingin dan mengembun menjadi tetesan cairan. Tetesan tumbuh sampai mereka berat dan jatuh ke bumi sebagai hujan yang dapat dalam bentuk hujan atau salju.



Namun, tidak semua hujan mencapai permukaan. Beberapa menguap saat jatuh melalui udara kering. Ini disebut virga, sebuah fenomena yang sering terlihat di tempat yang panas, daerah gurun kering.


Penjelasan tentang  Jenis Penulisan:
  The ideal English text is easy to read and           uderstand.    Even scientific texts are usually written in     plain English words. So try to keep you sentences       plain, clear and well structured.                                      
  When writing in English, keep the following rules in        mnd:
  • use simple language
  • keep subordinate clauses short
  • prefer verbs to nouns (not: The meaning of this is that …, but: This means that …)
  • avoid slang and techy language
  Sentence
   Make your texts interesting by using various types of    clauses, e.g.:
  • participle clauses
  • relative clauses
  • conditional sentences
  • infinitive constructions, introductory clauses with infinitive or gerund
  • prepositional clauses
  • passive voice
  Paragraph
   As to paragraphs, keep the following rules in mind:
  • Concentrate on one main point per paragraph. Summarize this point in the first sentence.
  • All sentences that follow support the main point or limit its scope.
  • The last sentence is used as a transition to the next paragraph. Use a criteria that applies for both paragraphs.
  Text
   The typical structure of a text is as follows:
  • (title)
  • introduction
  • main part
  • conclusion
Make your texts interesting. You can achieve this for example by varying the lengths of your sentences. An important statement is best emphasised in a short sentence, especially if that sentence is between two longer sentences. Do also vary the lenghts of your paragraphs and avoid one-sentence paragraphs.
There are various possibilities on how to structure your texts, e.g.:
  • General to Specific
    general statement followed by details and examples
  • Specific to General
    details and examples followed by a generalization
  • Known to Unknown
    provide new information based on what readers already know
  • Least Important to Most Important
    catch and keep readers' attention
  • Chronology (ordering by time)
    e.g. in biographies


Yang ideal teks bahasa Inggris mudah untuk membaca dan memahami. Bahkan teks ilmiah biasanya ditulis dalam kata-kata bahasa Inggris. Jadi cobalah untuk menjaga kalimat Anda polos, jelas dan terstruktur dengan baik.

Ketika menulis dalam bahasa Inggris, menjaga aturan berikut dalam pikiran:

     menggunakan bahasa yang sederhana
     menjaga anak kalimat pendek
     memilih verba nomina (tidak: Arti dari ini adalah bahwa ..., tetapi: Ini berarti ...)
     menghindari bahasa gaul dan bahasa techy

kalimat

Membuat teks Anda menarik dengan menggunakan berbagai jenis klausa, misalnya:

     klausa participle
     klausa relatif
     kalimat conditional
     konstruksi infinitive, klausa pengantar dengan infinitif atau gerund
     klausa preposisional
     bentuk pasif

Paragraf
Seperti paragraf, menjaga aturan berikut dalam pikiran:

     Berkonsentrasi pada satu titik utama per paragraf. Meringkas titik ini dalam kalimat pertama.
     Semua kalimat yang mengikuti mendukung titik utama atau membatasi ruang lingkup.
     Kalimat terakhir digunakan sebagai transisi ke paragraf berikutnya. Gunakan kriteria yang berlaku untuk kedua paragraf.

teks

Struktur khas teks adalah sebagai berikut:

     (judul)
     pengantar
     bagian utama
     kesimpulan

Membuat teks Anda menarik. Anda dapat mencapai hal ini misalnya dengan memvariasikan panjang kalimat Anda. Sebuah pernyataan penting paling ditekankan dalam kalimat pendek, terutama jika kalimat itu adalah antara dua kalimat yang lebih panjang. Jangan juga bervariasi lenghts paragraf Anda dan menghindari paragraf satu kalimat.

Ada berbagai kemungkinan tentang bagaimana struktur teks Anda, misalnya:

     Umum ke Khusus
     pernyataan umum diikuti oleh rincian dan contoh
     Khusus untuk Umum
     rincian dan contoh diikuti oleh generalisasi
     Dikenal Diketahui
     memberikan informasi baru berdasarkan apa yang pembaca sudah tahu
     Least Penting Paling Penting
     menangkap dan mempertahankan perhatian pembaca '
     Kronologi (memesan dengan waktu)
     misalnya dalam biografi


PAST SIMPLE & TEXT RECOUNT

Text Recount adalah sebuah teks yang menceritakan kepada pembaca mengenai sebuah cerita, aksi atau aktifitas lampau. Tujuan komunikatifnya adalah melaporkan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang terjadi di waktu lampau dalam sebuah urutan secara kronologis untuk menghibur atau memberikan informasi kepada pembaca.

Generic structure Teks Recount
1. Orientation
Orientation atau pengenalan yaitu memberikan informasi tentang siapa, di mana, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau.

2. Events
Events merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti "In the first day, I ... . And in the next day ... . And In the last day ..." . Di bagian Events ini juga biasanya terdapat komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

3. Reorientation
Pada bagian Reorientation, terdapat pengulangan pengenalan yang ada di Orientation, pengulangan yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan.

Ciri Kebahasaan Recount Text
Terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan yang mungkin akan teman-teman temukan ketika membaca sebuah Recount Text. Ciri-ciri kebahasaan dari Recount Text tersebut adalah:
  • Menggunakan Past Tense. Misalkan we went to zoo, I was happy, etc.
  • Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian. Misalnya and, but, the, aftar that, etc.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara. Misalkan yesterday, at my house, slowly, etc.
  • Menggunakan Action Verbs. Misalkan went, slept, run, brought, etc.  

CONTOH :

My Holiday

       Last week I went to Mount Bromo. I stayed at my friend's house in Probolinggo, East Java. The house has a big garden with colorful flowers and a small pool.
       In the morning, my friend and I saw Mount Batok. The scenery was very beautiful. We rode on horseback. It was scary, but it was fun. Then, we went to get a closer look at the mountain. We took pictures of the beautiful scanery there. After that, we took a rest and had lunch under a big tree. Before we got home, we went to the zoo at Wonokromo. We went home in the afternoon.
       We were very tired. However, I think it was really fun to have a holiday like this. I hope my next holiday will be more intersting.

Liburan Saya

        Minggu lalu saya pergi ke Gunung Bromo. Aku tinggal di rumah teman saya di Probolinggo, Jawa Timur. Rumah memiliki taman besar dengan bunga berwarna-warni dan kolam kecil.
        Di pagi hari, teman saya dan saya melihat Gunung Batok. Pemandangan itu sangat indah. Kami naik di atas kuda. Itu menakutkan, tapi itu menyenangkan. Lalu, kami pergi untuk mendapatkan melihat lebih dekat gunung. Kami mengambil gambar dari scanery indah di sana. Setelah itu, kami beristirahat dan makan siang di bawah pohon besar. Sebelum kami pulang, kami pergi ke kebun binatang di Wonokromo. Kami pulang ke rumah di sore hari.
        Kami sangat lelah. Namun, saya pikir itu benar-benar menyenangkan untuk memiliki liburan seperti ini. Saya berharap liburan berikutnya saya akan lebih menrik.





Countable & Uncountable Nouns
Contoh Countable Nouns
Nomina dihitung mudah untuk mengenali. Mereka adalah hal-hal yang kita bisa menghitung. Sebagai contoh: "pena". Kita bisa menghitung pena. Kita dapat memiliki satu, dua, tiga atau lebih pena. Berikut adalah beberapa kata benda dpt dihitung:
  • dog, cat, animal, man, person   
  • bottle, box, litre
  • coin, note, dollar
  • cup, plate, fork
  • table, chair, suitcase, bag
anjing, kucing, hewan, manusia, orang
botol, kotak, liter
koin, catatan, dolar
cangkir, piring, garpu
meja, kursi, koper, tas
Countable nouns can be singular or plural; ( Kata dihitung dapat tunggal atau jamak);
  • My dog is playing.
  • My dogs are hungry.
Anjing saya bermain.
Anjing saya lapar.
We can use the indefinite article a/an with countable nouns: ( Kita dapat menggunakan sandang tidak tentu a / an dengan kata benda dpt dihitung):
  • A dog is an animal.
            Anjing adalah hewan.

When a countable noun is singular, we must use a word like a/the/my/this with it: ( Ketika kata benda yang dihitung adalah tunggal, kita harus menggunakan kata seperti / the / my / this dengan itu):

  • I want an orange. (not I want orange.)
  • Where is my bottle? (not Where is bottle?)
            • Saya ingin jeruk. (tidak saya ingin oranye.)
            Dimana botol? (tidak Dimana botol?)

Uncountable Nouns
Uncountable nouns are substances, concepts etc that we cannot divide into separate elements. We cannot "count" them. For example, we cannot count "milk". We can count "bottles of milk" or "litres of milk", but we cannot count "milk" itself. Here are some more uncountable nouns:
nomina terhitung adalah zat, konsep dll bahwa kita tidak bisa membagi menjadi elemen yang terpisah. Kita tidak bisa "menghitung" mereka. Sebagai contoh, kita tidak bisa menghitung "susu". Kita bisa menghitung "botol susu" atau "liter susu", tapi kita tidak bisa menghitung "susu" itu sendiri. Berikut adalah beberapa kata benda terhitung:
  • music, art, love, happiness
  • advice, information, news
  • furniture, luggage
  • rice, sugar, butter, water
  • electricity, gas, power
  • money, currency
musik, seni, cinta, kebahagiaan
saran, informasi, berita
mebel, koper
beras, gula, mentega, air
listrik, gas, listrik
uang, mata uang

We usually treat uncountable nouns as singular. We use a singular verb. For example: ( Kami biasanya memperlakukan nomina terhitung sebagai tunggal. Kami menggunakan kata kerja tunggal. Sebagai contoh):
  • This news is very important.
  • Your luggage looks heavy.
Berita ini sangat penting.
bagasi Anda tampak berat.

Comparative Degree

Comparative Degree
1.             My cat is more beautiful than his cat.
2.             A cup of coffee is hotter than a cup of tea.
3.             The Dog is more clever than the mouse.
4.              That pen is longer than this pencil.
5.             One horse is stronger than hundreds of rabbits.\
6.             My grades are lower than my sister's
7.              Merry is more diligent than Ahmad.
8.             My pen is cheaper than Isma pen.
9.             Muh. Ikhsan Nur runs faster than Ismail Marsuki.
10.         Muh. Rifqy spends more hours at campus than does Ahkam.
11.         The results of the current experiment appear to be more consistent than were the results of any previous tests.
12.         My Brother more handsome than bachtiar.
13.         My niece cuter than Via.
14.         Joseph is taller than beni
15.         I buy more cheese than Amir.
16.          He buys less sugar than we do
17.         A car is more expensive than a bicycle.
18.         The film was more exciting than the book.
19.         Mt. Everest is higher than Mt. Blanc.
20.         I had a bigger meal than you.
Gelar Perbandingan

1. Kucing saya lebih cantik dari kucingnya.
2. Secangkir kopi panas dari secangkir teh.
3. Anjing ini lebih pandai daripada mouse.
4. Pena yang lebih panjang dari pensil ini.
5. Satu kuda lebih kuat dari ratusan kelinci.
6. Nilai saya lebih rendah dari kakakku
7. Merry lebih rajin daripada Ahmad.
8. Penaku lebih murah daripada pena Isma.
9. Muh. Ikhsan Nur berjalan lebih cepat daripada Ismail    Marsuki.
10.. Muh. Rifqy menghabiskan lebih banyak jam di kampus daripada Ahkam.
11. Hasil percobaan saat ini tampaknya lebih konsisten daripada yang hasil dari setiap tes sebelumnya.
12. Saudara saya lebih tampan dari bachtiar.
13. Keponakanku manis dari Via.
14. Yusuf lebih tinggi dari beni
15. Saya membeli lebih dari keju Amir.
16. Dia membeli sedikit gula daripada yang kita lakukan
17. Sebuah mobil lebih mahal daripada sepeda.
18. Film ini lebih menarik dari buku ini.
19. Mt. Everest adalah lebih tinggi dari Mt. Blanc.
20.. Aku makan lebih besar dari Anda.


Contoh Superlative
Superlative Degree
    1. The sun is brightest.
    2. My score is highest in my class.
    3. Her sister is most dliligent in her familiy.
    4.  Brownies is most delicious dessert.
    5. She is the best student.

Gelar Superlative
1. Matahari terang.
2. Nilaiku tertinggi di kelas saya.
3. Adiknya yang paling dliligent di familiy nya.
4. Brownies yang paling lezat makanan penutup.
5. Dia adalah murid terbaik.


Contoh Analysis of Headline news

Jakarta, April 3(Antara) - The Indonesian currency rupiah gained slightly against the US dollar on Wednesday morning on slow progress in US economic recovery.

The currency traded at 9,732 to the dollar strengthening from the level of 9,738 earlier in inter-bank transactions.

"Rupiah gained slightly on decline in US manufacturing data," chief researcher of Monex Investindo Futures Ariston Tjendra said here on Wednesday.

However, Indonesia`s inflation in March and deficit in trade will curb higher rupiah rise, Ariston said.

"Rupiah position is still vulnerable with lack of positive sentiment in the country ," he added.

Meanwhile, Trust Securities` analysts Reza Priyambada said the step taken by The Fed which continues to hold on to its program to buy bonds to shore up the US economy put pressure on the US dollar.

"As a result US dollar supply in the market is increasing," he said.

Jakarta, 3 April (Antara) - Kurs rupiah mata uang Indonesia menguat tipis terhadap dolar AS pada Rabu pagi di lambatnya kemajuan dalam pemulihan ekonomi AS.

Mata uang diperdagangkan pada 9732 terhadap penguatan dolar dari level 9.738 di awal transaksi antar bank.

"Rupiah menguat tipis atas penurunan data manufaktur AS," kata peneliti utama Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan di Jakarta, Rabu.

Namun, inflasi Indonesia pada bulan Maret dan defisit perdagangan akan mengekang kenaikan rupiah yang lebih tinggi, kata Ariston.

"Posisi rupiah masih rentan dengan minimnya sentimen positif dari dalam negeri," tambahnya.

Sementara itu, analis Trust Securities Reza Priyambada `mengatakan langkah yang diambil oleh The Fed yang terus berpegang pada program untuk membeli obligasi untuk menopang ekonomi AS memberikan tekanan pada dolar AS.

"Akibatnya pasokan dolar AS di pasar meningkat," katanya.


Makalah Bahasa Inggris (Simple Past)

Contoh Simple Past



Simple Past
FORM
[VERB+ed] or irregular verbs
Examples:
  • You called Debbie.
  • Did you call Debbie?
  • You did not call Debbie.
• Anda disebut Debbie.
Apakah Anda menelepon Debbie?
• Anda tidak menelepon Debbie.
USE 1 Completed Action in the Past
Use the Simple Past to express the idea that an action started and finished at a specific time in the past. Sometimes, the speaker may not actually mention the specific time, but they do have one specific time in mind.
Gunakan Simple Past untuk mengekspresikan gagasan bahwa suatu tindakan mulai dan selesai pada waktu tertentu di masa lalu. Kadang-kadang, pembicara mungkin tidak benar-benar menyebutkan waktu yang spesifik, tetapi mereka memiliki satu waktu tertentu dalam pikiran.
Examples:
  • I saw a movie yesterday.
  • I didn't see a play yesterday.
  • Last year, I traveled to Japan.
  • Last year, I didn't travel to Korea.
  • Did you have dinner last night?
  • She washed her car.
  • He didn't wash his car.
• Saya melihat film kemarin.
• Saya tidak melihat sebuah drama kemarin.
Tahun lalu, saya melakukan perjalanan ke Jepang.
Tahun lalu, saya tidak melakukan perjalanan ke Korea.
Apakah Anda memiliki makan malam terakhir?
Dia mencuci mobilnya.
Dia tidak mencuci mobilnya.
USE 2 A Series of Completed Actions
We use the Simple Past to list a series of completed actions in the past. These actions happen 1st, 2nd, 3rd, 4th, and so on.
Kami menggunakan Simple Past untuk daftar serangkaian tindakan diselesaikan di masa lalu. Tindakan ini terjadi 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.
Examples:
  • I finished work, walked to the beach, and found a nice place to swim.
  • He arrived from the airport at 8:00, checked into the hotel at 9:00, and met the others at 10:00.
  • Did you add flour, pour in the milk, and then add the eggs?
• Saya selesai bekerja, berjalan ke pantai, dan menemukan tempat yang bagus untuk berenang.
Dia tiba dari bandara di 8:00, memeriksa ke dalam hotel di 9:00, dan bertemu dengan orang lain pada pukul 10:00.
Apakah Anda menambahkan tepung, tuangkan dalam susu, kemudian tambahkan telur?
USE 3 Duration in Past
The Simple Past can be used with a duration which starts and stops in the past. A duration is a longer action often indicated by expressions such as: for two years, for five minutes, all day, all year, etc.
The Simple Past dapat digunakan dengan durasi yang mulai dan berhenti di masa lalu. Durasi adalah tindakan lagi sering ditandai dengan ekspresi seperti: selama dua tahun, selama lima menit, sepanjang hari, sepanjang tahun, dll
Examples:
  • I lived in Brazil for two years.
  • Shauna studied Japanese for five years.
  • They sat at the beach all day.
  • They did not stay at the party the entire time.
  • We talked on the phone for thirty minutes.
  • A: How long did you wait for them?
    B: We waited for one hour.
• Saya tinggal di Brasil selama dua tahun.
Shauna belajar bahasa Jepang selama lima tahun.
Mereka duduk di pantai sepanjang hari.
Mereka tidak tinggal di pesta sepanjang waktu.
Kami berbicara di telepon selama tiga puluh menit.
A: Berapa lama Anda menunggu untuk mereka?
B: Kami menunggu satu jam.
USE 4 Habits in the Past
The Simple Past can also be used to describe a habit which stopped in the past. It can have the same meaning as "used to." To make it clear that we are talking about a habit, we often add expressions such as: always, often, usually, never, when I was a child, when I was younger, etc.
The Simple Past juga dapat digunakan untuk menggambarkan kebiasaan yang berhenti di masa lalu. Hal ini dapat memiliki arti yang sama seperti "dulu." Untuk membuat jelas bahwa kita berbicara tentang kebiasaan, kita sering menambahkan ekspresi seperti: selalu, sering, biasanya, tidak pernah, ketika saya masih kecil, ketika saya masih muda, dll
Examples:
  • I studied French when I was a child.
  • He played the violin.
  • He didn't play the piano.
  • Did you play a musical instrument when you were a kid?
  • She worked at the movie theater after school.
  • They never went to school, they always skipped class.
Saya belajar Perancis ketika aku masih kecil.
Dia memainkan biola.
Dia tidak bermain piano.
Apakah Anda memainkan alat musik ketika Anda masih kecil?
Dia bekerja di bioskop setelah sekolah.
Mereka tidak pernah pergi ke sekolah, mereka selalu melewatkan kelas.
USE 5 Past Facts or Generalizations
The Simple Past can also be used to describe past facts or generalizations which are no longer true. As in USE 4 above, this use of the Simple Past is quite similar to the expression "used to."
The Simple Past juga dapat digunakan untuk menggambarkan fakta-fakta masa lalu atau generalisasi yang tidak lagi benar. Seperti dalam USE 4 di atas, penggunaan ini dari Simple Past sangat mirip dengan ungkapan "dulu."
Examples:
  • She was shy as a child, but now she is very outgoing.
  • He didn't like tomatoes before.
  • Did you live in Texas when you were a kid?
  • People paid much more to make cell phone calls in the past.
Dia merasa malu sebagai seorang anak, tapi sekarang dia sangat keluar.
Dia tidak suka tomat sebelumnya.
Apakah Anda tinggal di Texas ketika Anda masih kecil?
Orang-orang membayar lebih banyak untuk membuat panggilan ponsel di masa lalu.
IMPORTANT When-Clauses Happen First
Clauses are groups of words which have meaning but are often not complete sentences. Some clauses begin with the word "when" such as "when I dropped my pen..." or "when class began..." These clauses are called when-clauses, and they are very important. The examples below contain when-clauses.
Examples:
  • When I paid her one dollar, she answered my question.
  • She answered my question when I paid her one dollar.
When-clauses are important because they always happen first when both clauses are in the Simple Past. Both of the examples above mean the same thing: first, I paid her one dollar, and then, she answered my question. It is not important whether "when I paid her one dollar" is at the beginning of the sentence or at the end of the sentence. However, the example below has a different meaning. First, she answered my question, and then, I paid her one dollar.
Example:
  • I paid her one dollar when she answered my question.
ADVERB PLACEMENT
The examples below show the placement for grammar adverbs such as: always, only, never, ever, still, just, etc.
Examples:
  • You just called Debbie.
  • Did you just call Debbie?
ACTIVE / PASSIVE
Examples:
  • Tom repaired the car. Active
  • The car was repaired by Tom. Passive

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More