Friday 3 May 2013

KOMUNIKASI EFEKTIF



KOMUNIKASI EFEKTIF


Apa yang dimaksud public relations ?
1.    Merupakan fungsi manajemen
2.    Komunikasi terencana dan berkesinambungan
3.    Berupaya membina pengertian, simpati dan dukungan
4.    Cara menilai pendapat umum dengan penguasaan informal yang baik
5.    Melalui kerjasama yang baik untuk pemenuhan kebutuhan bersama secara efisien.

Ciri-ciri kegiatan public relations adalah  ditekankan pada :
1.    Kegiatan komunikasi dua arah secara timbal balik
2.    Sasaran komunikasi Public Relations adalah :
·         Publik Intern
·         Publik Extern

Tujuan aktivitas seorang “public relations  officer”
Membangun citra lembaga terbaik
dengan cara :
1.    Dibangun dengan itikad baik
2.    Munculnya saling pengertian yang baik
3.    Harus didasari sikap saling mempercayai
4.    Dapat dimulai dengan sikap saling menghargai

Komunikasi efektif dalam public relations apa itu ?
1.   Ciri-cirinya apa ?
·         Keakraban (intimacy)
·         Keterlibatan  (involvement)
·         Meyakinkan (intimidation)
2.   Tujuan apa ?
·         Saling memahami (AIDDA)
·         Melaksanakan apa yang kita sarankan dengan senang hati
·         Hubungan yang harmonis antara pro- public (intern + extern)
3.   Didukung oleh situasi Kesamaan kepentingan ; sikap positif, sikap keterbukaan, emphati.

Komponen apa yang terlibat dalam komunikasi ?
1.    Komunikasi - siapa
2.    Pesan - mengatakan apa
3.    Saluran - melalui media apa
4.    Kepada siapa - sasaran kominikasi
5.    Akibatnya apa - melalui umpan balik (tanggapan) - Harold  D  Laswell

Komunikasi apa saja yang ada dalam kehidupan kita ini ? Public Relations masuk yang mana ?
1.    Komunikasi intra personal- evaluasi diri dan dampak pribadi
2.    Komunikasi inter personal - dampak pihak yang terlibat langsung
·         Komunikasi Internal
Komunikasi personal - tatap muka dan komunikasi media komunikasi kelompok - kecil dan besar
·         Komunikasi Eksternal - lingkungan, instansi pemerintah, pers
3.    Komunikasi massa

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More